Monday, July 8, 2019

Kuliah Sambil Bekerja di jakarta timur

Kuliah Sambil Kerja. Selain tugas kuliah, soal keuangan juga pasti jadi salah satu persoalan yang paling bikin galau buat mahasiswa. Dari situ, banyak juga mahasiswa yang memilih untuk bekerja untuk mendapatkan uang tambahan. Kenapa? Supaya bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok dan kuliah mereka.

Kuliah sambil kerja memang nggak ada salahnya untuk dicoba. Tapi, sebelum memutuskan untuk kuliah sambil bekerja, kamu perlu tahu dulu kelebihan dan kekurangannya. Yuk, lihat di sini:
KELEBIHAN
1. Punya uang saku lebih
Hal ini udah pasti. Kamu bakal dapat gaji dari pekerjaan yang kamu lakukan. Otomatis, keuangan kamu juga jadi lebih lancar dibanding kalau cuma kuliah tanpa bekerja.
2. Meningkatkan skill dan pengetahuan tentang dunia kerja
Kamu jadi punya pengalaman tentang dunia kerja dibandingkan teman-temanmu yang cuma kuliah. Dengan begitu kamu bisa mengaplikasikan ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah, sekaligus meningkatkan skill yang kamu miliki.

3. Bisa menentukan langkah selanjutnya setelah lulus
Dengan kuliah sambil bekerja, kamu jadi bisa mulai menimbang langkah mana yang harus kamu ambil setelah kamu lulus kuliah nanti. Nggak ada lagi keraguan untuk menentukan ke mana jalan yang ingin kamu tempuh setelah kuliah usai. Kamu bisa menambahkan pengalaman dan skill yang kamu dapatkan selama bekerja di CV kamu, atau kamu juga bisa memutuskan untuk tetap bekerja di perusahaan tempat kamu bekerja tersebut.
4. Belajar disiplin dan mengatur waktu
Dengan memiliki peran double, yaitu sebagai mahasiswa dan sebagai pekerja di saat yang bersamaan, kamu juga jadi bisa mengatur waktu. Kamu bisa menentukan kapan kamu harus belajar, kapan kamu harus bekerja, dan kapan kamu harus istirahat. Peran double ini mau nggak mau akan memaksa kamu untuk mengatur waktu dan jadwal dari masing-masing kegiatanmu.

Infromasi Kuliah sambil kerja

KEKURANGAN
1. Waktu istirahat berkurang
Waktu yang seharusnya dapat kamu gunakan untuk beristirahat saat nggak kuliah, mau nggak mau harus kamu gunakan untuk kerja membanting tulang. Pasti jatah waktu istirahat kamu akan berkurang.
2. Kehidupan sosial akan terbatasi
Memang sih uang kamu akan bertambah, tapi dengan bekerja sambil kuliah berarti kehidupan sosial kamu juga jadi menyempit. Waktu yang terbatas cuma bisa membuat kamu bolak-balik antara kampus dan tempat kerja. Kalaupun ada hari libur, pasti akan terpakai untuk istirahat.
3. Konsentrasi jadi terpecah
Ini dia yang paling bahaya, konsentrasi jadi terpecah. Fokus yang seharusnya cuma belajar dan kuliah kini harus kamu bagi dua dengan pekerjaan. Kalau nggak pintar-pintar mengatur waktu, yang ada tekanan yang kamu rasakan malah membuyarkan konsentrasi kamu. Hasilnya bisa-bisa studi kamu jadi lama selesainya karena kamu terlalu fokus dengan pekerjaan.
Kamu yang tentukan pilihan....

No comments:

Post a Comment